Java Game Competition


Hai, lama nggak blogging nih, maklum lah anak kuliah tugasnya bejibun :D
kali ini saya mau sharing tentang game bikinan saya, Gamelan Hero (sekarang sudah berubah jadi Gamelan Legend). Beberapa hari yg lalu saya dapat tugas besar mata kuliah DAMG (Desain Animasi Multimedia dan Grafis) bikin game secara individu. Gamenya harus dikerjakan menggunakan game engine JMonkey dengan bahasa pemrograman Java. Setelah bertapa beberapa hari (halah) akhirnya dapat inspirasi buat bikin game edukasi bertemakan budaya tradisional, akhirnya keluarlah ide bikin game simulasi Gamelan dengan gameplay mirip Guitar Hero.


Setelah submit proposal Game Desain ke pak Dosen, akhirnya ide saya diterima dengan syarat harus dibuatkan Hardware Gamelan sebagai Game Controllernya. Pusing juga sih, karena saya benar-benar nggak paham sama elektronika. Namun akhirnya dapat ide lagi kalau minta bantuan ke kakak tingkat yang aktif di LSO Robotika mas Aul Wardana. Setelah berdiskusi memikirkan skemanya, akhirnya jadilah sebuah Hardware Controller #yey xD

Setelah controller sudah jadi dan game sudah saya program, saya mencoba mengikut sertakan gameku ini ke kompetisi "Java Competition" di kampus. Pada acara tersebut diikuti mahasiswa-mahasiswa teknik informatika dengan 3 jenis kompetisi, yaitu Java Programming (solving case), Game Competition, dan Java Software dimana setiap pesertanya saling mempromosikan karyanya masing-masing. Seru banget pokoknya xD dan pada saat pemberitahuan pemenang pada acara puncaknya, game Gamelan Legendku mendapatkan posisi juara pertama :D


selain itu, gameku juga dimuat di media Malang Post, karena dianggap unik dan membawakan unsur tradisional :)



tapi saya tidak puas sampai disini, saya masih ingin memperjuangkan karya saya ini agar bisa mengangkat kembali budaya Gamelan di Indonesia. Selanjutnya saya ingin mencoba mengikutsertakan game ini ke pagelaran TI tingkat Nasional, Gemastik. Semoga bisa menang dan bermanfaat bagi semua orang :D

No comments

No comments :

Post a Comment