Cyber Defence Competition 2015



Acara Cyber Defense Competition kali ini diselenggarakan oleh Kemenhan bekerja sama dengan ID-SIRTI/CC di Jogjakarta, tepatnya di Akademi Angkatan Udara Jogja. Perwakilan dari kota Malang sendiri mempunyai 3 finalis, yaitu Cyber Juwari, serta 2 tim perwakilan Malang Cyber Crew (MCC), Baret Team dan Angkringan Jawa. 

Berbeda dengan kompetisi Cyber Jawara, di CDC ini tiap tim bisa mempunyai anggota 5 orang, dan kami sepakat mengajak pak Saifuddin (dosen informatika UMM) dan mas Ridho yang jago IT Security sebagai 2 tim tambahan. Ada 4 tahapan kompetisi yang dibagi selama 2 hari yaitu Cyber Forensic dan CTF (Capture The Flag) di hari pertama, dan CND (Computer Network Defence) dan Pentest (Penetration Testing) di hari kedua.

Terdapat 190 peserta finalis yang lolos di babak final kali ini, setiap peserta/tim bersaing untuk menemukan flag yang ada dalam setiap soal beserta report (laporan). Sebelum hari pertama dimulai, kamipun menyusun strategi. Pak Saifuddin, Mas Ridho, Riris yang pakar jaringan mendapat role sebagai pencari bug / pentester, Puput yang pakar menulis laporan mendapat role sebagai penulis report, dan saya yang ahli dalam memberikan semangat mendapat role sebagai pembawa kopi dan makanan untuk tim. 

Selama 2 hari kompetisi berlangsung, alhamdulillah tim kami bisa selalu menyusul di score rank.
Dan alhamdulillah berkat kehebatan Pak Saifuddin, Mas Ridho, dan Riris yang sering menemukan flag berceceran dimana-mana, Puput yang sangat lengkap dalam menulis report sampai nulis daftar persembahan segala, dan saya yang sangat peka terhadap permintaan takaran gula di kopi teman-teman satu tim, kami berhasil mendapatkan juara pertama, menggeser juara bertahan cdc selama 2 tahun Alpha Omega. Sehingga juara kedua diraih oleh tim Alpha Omega, dan juara ketiga diraih oleh Baret Team (MCC). 

No comments

No comments :

Post a Comment